Mengenal pendidikan anak dalam
keluarga sangatlah penting, agar sang anak tidak mengalami masalah dalam menjalankan
kehidupan bersosial dan mampu mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat
pergaulan dengan masyarakat social yang memiliki cakupan masalah yang luas dan
kompleks. Orang tua dan keluarga memiliki dampak yang paling langsung dan abadi
terhadap tumbuh kembang anak. Pendidikan dalam keluarga yang baik dan positif
akan membawa anak pada pengembangan potensi social yang positif dan akan
memberikan dampak pada perilaku yang jauh lebih baik dan mudah bergaul dalam
lingkungan yang baru, serta membuat anak-anak merasa nyaman dan aman terhadap
setiap perubahan yang mereka hadapi. Penyedia pendidikan anak usia dini perlu
menjangkau keluarga dalam rangka membangun jenis hubungan yang melibatkan
mereka sebagai mitra aktif di awal pendidikan anak-anak mereka.
Keluarga adalah mitra penting dalam meningkatkan
keterampilan sosial yang positif. Kunjungan ke rumah, orang tua kunjungan ke
penitipan anak atau lingkungan sekolah, percakapan telepon, berkirim surat,
catatan resmi, papan buletin, lokakarya, dan komunikasi teratur serta tatap
muka dapat digunakan untuk menjaga hubungan dengan keluarga untuk memberikan
tentang keterampilan sosial tertentu yang difokuskan pada pengaturan anak usia
dini dan untuk menyediakan layanan bagaimana keluarga bisa berperan aktif untuk
proses belajar bagi anak-anak dirumah.
Agar strategi bimbingan bisa
menjadi benar-benar efektif, keterlibatan orang tua dan dukungan penuh
sangatlah penting. Penyedia perawatan dini harus melibatkan orang tua secepat anak
mereka terdaftar dalam program ini dan meminta bantuan dalam memahami latar
belakang anak dan tujuan keluarga bagi anak. Kepekaan terhadap keluarga dan
perbedaan budaya sangat penting dan dapat meningkat dengan kemampuan penyedia
layanan untuk mendengarkan dan mendorong komunikasi. Penerimaan perbedaan dalam
keluarga sangat penting untuk setiap anak dan orang tua untuk merasakan rasa
memiliki dalam program anak usia dini. Saling menghormati, kerjasama, tanggung
jawab bersama, dan negosiasi perbedaan pendapat antara orang tua dan perawatan
dan pendidikan profesional diperlukan untuk mencapai tujuan bersama yang
berkaitan dengan bimbingan dan pendidikan anak-anak.
Selain peran aktif orang tua
dalam pendidikan anak usia dini, para orang tua juga dituntut aktif untuk lebih
peka dalam memahami kebutuhan sang anak. Kepekaan orang tua dalam memahami
kebutuhan sang anak merupakan salah satu factor yang membuat pendidikan sang
anak bisa berjalan dengan suksek atau tidak. Dalam hal ini orang tua dituntut
untuk mempelajari tanda-tanda khusus pada diri sang anak, sehingga akan
memudahkan orang tua memahami potensi yang ada pada diri anak mereka. Selain
itu, para orang tua juga harus memahami dimana batas kemampuan anak mereka
sehingga jika sang anak mengalami kesulitan dalam proses belajar, para orang
tua bisa menyelesaikanya dengan sebuah cepat tanpa melalui banyak kendala yang
berarti. Mengenal pendidikan anak dalam keluarga adalah kunci sukses
keberhasilan.