Tuesday, September 29, 2015

Metode Pembelajaran terbaru di Indonesia

·   0



                Metode Pembelajaran terbaru di Indonesia. Metode merupakan hal terpenting dalam pembelajaran, bahkan tanpa metode pembelajaran tidak akan berjalan Efektif, jika dibandinhgkan pada setiap Negara tentang metode pembelajaran, semuanya memiliki ciri khas tersendiri, seperti Negara Arab atau Negara yang berada di tanah Arab, melirik sebuah pembelajaran mereka lebih mementingkan metode dari pada materi, anggapan mereka : Sepintar apapun seorang guru namun jika ia tidak mampu dalam mendidika itu lebih baik dari seorang petani yang memiliki sedikit ilmu tapi bisa mendidik.
read more

Metode lebih dikenal dengan cara atau strategi, yang dimaksud dengan cara adalah alur atau sarana untuk mencapai sebuah tujuan. Metode Pembelajaran diartikan dengan sebuah strategi atau cara yang dilakukan oleh guru dalam memindahkan insting (pola Ilmu) kepada siswanya.
Di indonesia begitu banyak metode yang sudah tersebar dari Barat Hingga timur prbatasan negara, Indonesia termasuk dalam kategori Negara yang memiliki mental dalam mencoba demi mewujudkan suatu perubahan, hal ini bisa dilihat dari berbagai aturan dan ketetapana dibeberapa bidang intsansi negara, seperti Ekonomi, pendidikan dan lain-lain.
Indonesia sudah banyak mengadopsi Metode Pembelajaran, baik dari dalam atau luar negri. pastinya setiap metode yang digunakan itu memiliki kelebihan dan kekurangan. jadi apa yang terbaru dalam metode pendidikan Indonesia, metode terbaru saat ini adalah Metode "Related Lesson"
                Metode Pembelajaran terbaru di Indonesia Related Lesson
Asal mula metode ini tidak ada yang tahu pastinya, dan meskipun metode terucap dalam bahasa inggris namun belum ada bukti yang nyata bahwa metode ini berasal dari barat. dilihat dari keunikan metode ini menari perhatian ratusan negara.
Related Lesson muncul di Indonesia pada akhir tahun 2013 dan banyak diterapkan  dibeberapa Beberpa sekolah swasta, namun untuk sekolah negri sangat jarang diterima karena metode ini sangat berkaitan dengan mutu atau karakteristik sekolah selain itu metode ini juga tidak hanya berlaku pada durasi jam pelajaran. beberapa tokoh pendidikan dunia di Perancis dan Australia menyatakan bahwa Related Lesson sudah dilakuakan sejak dahulu namun belum pernah ada realisasai untuk mengesahkan  bahwa itu adalah sebuah metode pembelajaran, namun jika diperhatikan pada sasaran dari Related Lesson lebih cenderung  kepada pendidikan karakteristik islam sejak dahulu.
Related Lesson ditinjau secara bahasa artinya pembelajaran berkaitan atau saling berhubungan, untuk lebih jelasnya Related Lesson merupakan  sebuah metode pembelajaran yang dimulai dari kerja sama antar pendidik, untuk menopang suatu mutu pendidikan.
Pelaksanaan metode ini sangat gampang dan sangat mudah dilaksanakan, namun perbedaannya dengan metode lain adalah metode Related Lesson berlaku selama siswa masih berada pada dalam lingkungan sekolah. dan metode ini juga tidak dilakukan oleh seorang guru saja dalam proses belajar mengajar, namun harus diikutsertakan para pendidik yang ada pada sekolah tersebut.
Pelaksaanaan metode Related Lesson
Sebuah sekolah memiliki visi dalam pengembangan diri. menjadikan siswa berdedikasi dan penghafal Al-Qur'an. untuk menopang visi sekolah, ini tidak hanya dilakukan oleh guru bidang studi AlQur'an saja melainkan semua guru bertanggung jawab.
Jika guru menemukan kesalahan pada siswa, maka hukuman yang harus diberikan adalah, menyuruh siswa menulis beberapa ayat Al-Qur'an. dan terus begitu, hukuman atau atau pelangaran yang dilakukan oleh siswa adalah menulis ayat  Al-Qur'an. ini sudah diperaktekkan oleh para ahli hadist zaman dulu, sebelum menghafal mereka menulis terlebih dahulu, dengan melakukan hal demikian. para siswa akan termotivasi dengan cepat dan menunjang hafalannya.
Jika memang itu visi atau keunggulan (mutu) sekolah, jika mutunya dalam ilmu Excat maka para seluruh guru harus bisa mengarahkan setiap hukuman dan nasehatnya mengacu pada ilmu Excat, seperti menyuruh mnghafalkan rumus atau mencatat rumus lebih banyak sebagai hukuman dan lain-lain.

Sesuai dengan penjelasan diatas, bahwa metode ini bukan hanya pada hukuman namun pada nasehat atau bimbingan dari para pendidik semua itu diarahkan pada visi sekolah. selain menjaga kualitas atau mutu, sekolah akan maju dan mancapai sasaran yang diharapkan.

Subscribe to this Blog via Email :