Metode Pembelajaran terbaru di
Indonesia. Metode merupakan hal terpenting dalam pembelajaran, bahkan tanpa
metode pembelajaran tidak akan berjalan Efektif, jika dibandinhgkan pada setiap
Negara tentang metode pembelajaran, semuanya memiliki ciri khas tersendiri,
seperti Negara Arab atau Negara yang berada di tanah Arab, melirik sebuah
pembelajaran mereka lebih mementingkan metode dari pada materi, anggapan mereka
: Sepintar apapun seorang guru namun jika ia tidak mampu dalam mendidika itu
lebih baik dari seorang petani yang memiliki sedikit ilmu tapi bisa mendidik.
Metode lebih
dikenal dengan cara atau strategi, yang dimaksud dengan cara adalah alur atau
sarana untuk mencapai sebuah tujuan. Metode Pembelajaran diartikan dengan
sebuah strategi atau cara yang dilakukan oleh guru dalam memindahkan insting
(pola Ilmu) kepada siswanya.
Di indonesia
begitu banyak metode yang sudah tersebar dari Barat Hingga timur prbatasan
negara, Indonesia termasuk dalam kategori Negara yang memiliki mental dalam
mencoba demi mewujudkan suatu perubahan, hal ini bisa dilihat dari berbagai
aturan dan ketetapana dibeberapa bidang intsansi negara, seperti Ekonomi,
pendidikan dan lain-lain.
Indonesia
sudah banyak mengadopsi Metode Pembelajaran, baik dari dalam atau luar negri.
pastinya setiap metode yang digunakan itu memiliki kelebihan dan kekurangan.
jadi apa yang terbaru dalam metode pendidikan Indonesia, metode terbaru saat
ini adalah Metode "Related Lesson"
Metode
Pembelajaran terbaru di Indonesia Related Lesson
Asal mula
metode ini tidak ada yang tahu pastinya, dan meskipun metode terucap dalam
bahasa inggris namun belum ada bukti yang nyata bahwa metode ini berasal dari
barat. dilihat dari keunikan metode ini menari perhatian ratusan negara.
Related
Lesson muncul di Indonesia pada akhir tahun 2013 dan banyak diterapkan dibeberapa Beberpa sekolah swasta, namun
untuk sekolah negri sangat jarang diterima karena metode ini sangat berkaitan
dengan mutu atau karakteristik sekolah selain itu metode ini juga tidak hanya
berlaku pada durasi jam pelajaran. beberapa tokoh pendidikan dunia di Perancis
dan Australia menyatakan bahwa Related Lesson sudah dilakuakan sejak dahulu
namun belum pernah ada realisasai untuk mengesahkan bahwa itu adalah sebuah metode pembelajaran,
namun jika diperhatikan pada sasaran dari Related Lesson lebih cenderung kepada pendidikan karakteristik islam sejak
dahulu.
Related
Lesson ditinjau secara bahasa artinya pembelajaran berkaitan atau saling
berhubungan, untuk lebih jelasnya Related Lesson merupakan sebuah metode pembelajaran yang dimulai dari
kerja sama antar pendidik, untuk menopang suatu mutu pendidikan.
Pelaksanaan
metode ini sangat gampang dan sangat mudah dilaksanakan, namun perbedaannya
dengan metode lain adalah metode Related Lesson berlaku selama siswa masih
berada pada dalam lingkungan sekolah. dan metode ini juga tidak dilakukan oleh
seorang guru saja dalam proses belajar mengajar, namun harus diikutsertakan
para pendidik yang ada pada sekolah tersebut.
Pelaksaanaan
metode Related Lesson
Sebuah
sekolah memiliki visi dalam pengembangan diri. menjadikan siswa berdedikasi dan
penghafal Al-Qur'an. untuk menopang visi sekolah, ini tidak hanya dilakukan
oleh guru bidang studi AlQur'an saja melainkan semua guru bertanggung jawab.
Jika guru
menemukan kesalahan pada siswa, maka hukuman yang harus diberikan adalah,
menyuruh siswa menulis beberapa ayat Al-Qur'an. dan terus begitu, hukuman atau
atau pelangaran yang dilakukan oleh siswa adalah menulis ayat Al-Qur'an. ini sudah diperaktekkan oleh para
ahli hadist zaman dulu, sebelum menghafal mereka menulis terlebih dahulu, dengan
melakukan hal demikian. para siswa akan termotivasi dengan cepat dan menunjang
hafalannya.
Jika memang
itu visi atau keunggulan (mutu) sekolah, jika mutunya dalam ilmu Excat maka
para seluruh guru harus bisa mengarahkan setiap hukuman dan nasehatnya mengacu
pada ilmu Excat, seperti menyuruh mnghafalkan rumus atau mencatat rumus lebih
banyak sebagai hukuman dan lain-lain.
Sesuai
dengan penjelasan diatas, bahwa metode ini bukan hanya pada hukuman namun pada
nasehat atau bimbingan dari para pendidik semua itu diarahkan pada visi
sekolah. selain menjaga kualitas atau mutu, sekolah akan maju dan mancapai
sasaran yang diharapkan.